top of page

KRI Dewaruci


dewaruci; experiential learning

Dewa Ruci dibuat pada tahun 1952 oleh HC Stulcken & Sohn Shipyard di kota Hamburg, Jerman. Kemudian kapal ini resmi diluncurkan pada bulan Januari 1953 dan Juli 1953 dilayarkan ke Indonesia oleh Kapten Hottendorf dan tiba di Pangkalan TNI AL Surabaya pada 1 Oktober 1953. Selanjutnya oleh KSAL Laksamana RS Subijakto, kapal ini resmi menyandang label kapal latih TNI AL dengan komandan pertamanya Kapten Laut (P) A.F.H Rosenow . Pada tahun 1961 Dewa Ruci telah mengibarkan Sang Saka Merah Putih hingga ke Australia. Kemudian pada tahun 1964, untuk pertama kali melakukan pelayaran mengelilingi dunia, melintasi terusan Suez, Laut Mediterania, dan Samudera Atlantik untuk sampai ke New York. Pelayaran selanjutnya diteruskan melewati terusan Panama dan mengarungi Samudera Pasifik menuju Tanah Air. Pada tahun 2010, KRI Dewa Ruci kembali melanglang jagad, kapal layar ini melakukan perjalanan panjang dan mengunjungi sejumlah negara sahabat, termasuk India, Turki, Spnyol, Perancis, Belgia, Inggris, Belanda, dan Italia. Sejak pelayaran muhibah keliling dunianya yang pertama, KRI Dewa Ruci kerap mengundang decak kagum berbagai bangsa dan meraih berbagai penghargaan dalam aneka lomba kapal layar internasional. Pada bulan Juli 2010, Dewa Ruci meraih tiga penghargaan dalam festival “The Tall Ship Race 2010” yang berlangsung di Anwerpen, Belgia. Dalam festival yang diikuti 74 kapal layar tiang tinggi dari sejumlah negara, KRI Dewa Ruci terpilih sebagai kapal terbaik dalam peran parade memasuki Pelabuhan Antwerpen dan sebagai kapal yang berasal dari negara terjauh.

experiential learning

Spesifikasi KRI Dewa Ruci – Model: Barquantine – Layar: 16 layar seluas 1.091 meter persegi – Tinggi tiang depan: 33,25 meter – Tinggi tiang tengah: 35,87 meter – Tinggi tiang belakang: 32,50 meter – Daya muat: 65 ABK dan 70 kadet – Panjang: 58,3 meter – Lebar: 9,5 meter – Draft: 4,5 meter – Berat: 847 ton – Tenaga penggerak: 1 mesin diesel berkekuatan 986 HP dengan 1 baling-baling (dua daun). .

Sumber : www.indomiliter.com

Jika ada kesempatan bisa berlayar selama 3 hari 2 malam (Jakarta - Surabaya) bersama kapal layar tiang tinggi (tall ship) legendaris “DEWARUCI” ini untuk merasakan pengalaman kehidupan di atas tall ship, siapa yg mau ikutan ? Kirim WA ke ‭081299330808‬ untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page